Gejala Penyebab Bayi Gumoh yang Perlu Diwaspadai

b0f9d6d72d

Gumoh merupakan hal yang normal terjadi. Hanya saja beberapa penyebab bayi gumoh bisa jadi menandakan adanya gangguan kesehatan. Biasanya gejala yang ditimbulkan akan memberikan tanda bayi mengalami masalah pencernaan. Berikut ini gejala yang perlu diwaspadai saat bayi mengalami gumoh.

1. Frekuensi Gumoh

Gumoh normal terjadi setelah bayi selesai makan atau minum. Anda perlu waspada jika frekuensi gumoh terjadi terlalu sering dan bayi terlihat terpaksa mengeluarkannya. Biasanya bayi akan menjadi rewel setelah mengalami gumoh ini.

2. Gumoh yang Berwarna

Gumoh yang dikeluarkan bayi pada umumnya berwarna putih atau warnanya akan mirip dengan makanan yang dimakan. Jika penyebab bayi gumoh karena masalah adanya penyumbatan, maka gumoh yang keluar akan disertai cairan berwarna hijau. Anda perlu waspada jika gejala gumoh yang keluar dengan cairan hijau.

Terlebih jika gumoh yang terjadi pada bayi disertai dengan muntah berwarna kuning atau bahkan lebih parah dengan disertai darah. Anda perlu segera melakukan pemeriksaan agar dapat mengatasinya lebih awal agar tak menyebabkan hal buruk pada si bayi.

3. Kuantitas Gumoh

Gejala yang perlu diwaspadai juga ketika bayi mengalami gumoh dengan kuantitas yang sering. Biasanya gejala ini terjadi ketika bayi selesai minum susu yang akan berlangsung selama dua jam. Kuantitas gumoh yang keluar selama dua jam terbilang sangat sering dan mengkhawatirkan. Bayi bahkan sampai kelelahan karena terus mengeluarkan cairan gumoh.

4. Panas saat Gumoh

Anda perlu mewaspadai ketika bayi yang mengalami gumoh disertai dengan demam lebih dari 38 derajat celcius. Saat demam bayi akan menangis berlebihan dan sangat rewel. Terkadang gumoh yang keluar disertai dengan cairan berwarna. Jika gejala ini terus terjadi pada bayi dalam waktu lama, maka ini menunjukkan gumoh yang dialami tidak normal.

5. Sulit Bernapas

Gumoh memang hal yang biasa terjadi tanpa membuat bayi mengalami masalah seperti kesulitan bernapas. Jika bayi kesulitan bernapas saat mengalami gumoh, maka ini menunjukkan bayi mengalami masalah yang serius. Penting sekali untuk Anda memperhatikan hal ini dengan teliti. Jangan sampai melakukan kelalaian dan berakibat fatal bagi bayi Anda.

6. Perut yang Buncit

Gumoh yang dialami bayi secara normal tidak akan membuat bayi mengalami masalah pencernaan. Anda perlu waspada ketika bayi sudah mengalami gumoh, namun tetap membuat perutnya terlihat sesak dan membuncit. Saat bayi mengalami gumoh, pegang perut dan urut bagian punggungnya agar cairan gumoh tidak kembali tertelan.

Ada banyak sekali penyebab bayi gumoh, tidak hanya dari kondisi organ pencernaannya tetapi juga dari cara Anda merawatnya. Perawatan yang dimaksud adalah dalam memberikan makanan dan minuman kepada bayi yang tepat. Jangan abaikan gumoh yang terjadi karena bisa saja berakibat fatal. Penting sekali untuk Anda sebaiknya mencegah terjadinya gumoh pada bayi.

You might like:

Ingin Memiliki Ponsel dengan Kemampuan Mumpuni? Simak Spesifikasi HP Vivo V7 Ingin Memiliki Ponsel dengan Kemampuan Mumpuni? Simak Spesifikasi HP Vivo V7
Berikut Beragam Manfaat Pembelajaran Kelas Bahasa Inggris di English First Berikut Beragam Manfaat Pembelajaran Kelas Bahasa Inggris di English First
Gejala Penyebab Bayi Gumoh yang Perlu Diwaspadai Gejala Penyebab Bayi Gumoh yang Perlu Diwaspadai
Jual HT Motorola Indonesia Terpercaya dan Terlengkap di Harrisma.com Jual HT Motorola Indonesia Terpercaya dan Terlengkap di Harrisma.com

Leave a Reply

Submit Comment
IBX583F5FBBD321D © 2019 Tutorial Terbaru. All rights reserved. XHTML / CSS Valid.
Proudly designed by Theme Junkie.